Using Oracle Apex – Startup Guide

Halo-halo..

Udah lamaaa banget tidak mengunjungi Oracle. Sudah lamaaaa banget gaes.. udah 12 tahun berlalu. Ternyata Oracle sekarang sudah menyediakan banyak fasilitas baru untuk belajar dan coba-coba, tanpa harus install-install apapun. Berhubung saya akhir-akhir ini lagi dilanda penyakit males install-install, tapi pengen belajar (tepatnya: refreshing belajar ulang PL/SQL di Oracle yang versi terkini), terpaksalah rada-rada ngulix dikit bagemana menggunakan Oracle di layanan cloud Oracle, tentunya secara haratis tis tiss dan tanpa install.

Pada postingan kali ini, ceritanya saya pengen memanfaatkan fasilitas APEX dari oracle, yaitu semacam platform low-code (baca: males nulis kode), yang bisa digunakan untuk bikin aplikasi cem-macem, dan dapat berjalan pada lingkungan cloud maupun on-premise (lokal). Tapi, contoh kali ini nggak sampe bikin aplikasi-aplikasi laaah, cukup sampe bisa menggunakan APEX untuk nyoba-nyoba SQL plus belajar PL/SQL di platform tersebut, tanpa harus install macem-macem. Oh ya, satu lagi, contoh ini dibuat untuk satu user dan dibatasi untuk eksekusi SQL bertipe DDL dan DML, bukan DCL (tepatnya: belum pernah nyoba running SQL DCL di Apex).

Langkah pertama

Langkah pertama ntuk menggunakan Apex adalah meminta workspace. Caranya: kunjungi situs Apex dan isi formulir untuk meminta workspace. Workspace ini akan jadi semacam “lahan” database kita nantinya. Silakan isi identitas dan email (saya menggunakan imel gmail), dan isikan nama workspace sesuai keinginan. Setelahnya tinggal klik tombol “Request Workspace”

Page Image

Setelahnya, tunggu imel konfirmasi pada inbox anda dan klik tombol “Create Workspace”.  Nanti kita diminta untuk membuat password. 

Page Image

Simpan informasi akun login apex anda, yaitu:

  • userid : email anda
  • workspace : sesuai dengan yang diisikan pada saat daftar workspace
  • password: sesuai yang anda isikan saat konfirmasi Create Workspace

Langkah kedua

Langkah berikutnya adalah menyiapkan scheme, yaitu database yang sudah ada data-data contoh, agar mudah digunakan untuk latihan.  Untuk itu, kita harus mengunggah file script yang sudah memuat kode untuk membuat database.  Sebagai contoh, akan saya unggah file milik saya yang bisa anda unduh di link ini. Silakan unduh dan simpan dengan ekstensi file .sql

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pada panel utama APEX, pilih menu “SQL Scripts”, kemudian klik tombol “Upload”. 

Page Image

  1. Klik tombol “Choose File” dan cari file script SQL yang sudah diunduh sebelumnya  (contoh milik saya bernama : SQL_Scheme.sql), kemudian klik tombol “Upload” di kanan bawah.

Page Image

  1. Setelah berhasil diunggah, pada panel akan ditampilkan nama file script tersebut. Klik icon Run di sebelah kanan.

    Page Image

  2. Klik tombol “Run Now”

    Page Image

  3. Script SQL tersebut akan otomatis membuat tabel dan mengisi dengan beberapa data contoh. Berikut ini tampilan hasil eksekusi script.

Page Image

Langkah ketiga

Setelah database dan tabel tersedia, selanjutnya kita dapat menggunakan data-data untuk tabel tersebut untuk berlatih, baik menggunakan statement SQL maupun mencoba kode PL/SQL.

  1. Pada panel utama, klik menu “SQL Commands”

Page Image

  1. Klik tombol “Find Tables” untuk melihat nama-nama tabel yang sudah berhasil dibuat.

Page Image

  1. Tuliskan statement SQL berikut, dan klik tombol “Run” di sebelah kanan.  Pada bagian bawah panel akan ditampilkan hasil eksekusinya.

Page Image

  1. Mencoba kode PL/SQL tanpa mengakses data pada tabel.

Tuliskan script kode PL/SQL berikut dan klik tombol Run

Page Image

  1. Mencoba kode PL/SQL menggunakan fungsi agregat sum untuk menghitung total salary.

Tuliskan script kode PL/SQL berikut dan klik tombol Run

Page Image

  1. Menyimpan script PL/SQL

Semua kode script SQL dan PL/SQL di atas akan hilang ketika kita log-out.  Agar tidak hilang, kita dapat menyimpan script tersebut pada APEX dengan cara berikut:

    • Klik tombol “SAVE”

Page Image

    • Beri nama file, contoh: Q_Total_Salary. Hasilnya dapat dilihat pada tab “Saved SQL” di panel result di bagian bawah.

Page Image

    • Script tersebut dapat dipanggil kembali dengan mengklik link nama script,  maka script akan otomatis ditampilkan pada jendela eksekusi di bagian atas.

    Page Image

Demikianlah tutorial sederhana untuk memulai belajar SQL dan PL/SQL menggunakan Oracle APEX. Semoga bermanfaat.

Posted in database, Tools, Tutorial and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *